Tuesday, March 23, 2010

Perjalanan Ke Pontianak / West Borneo


Pada bulan maret 2010 ini saya melakukan perjalanan menuju Pontianak untuk memenuhi undangan sahabat karib saya Edy salim yang sudah 1 tahun saya tunda. dan pada sore itu juga kami melakukan test lokasi yang dimana tempat tersebut merupakan salah 1 tempat perburuan walet dan menurut sahabt saya tempat itu sangat menjanjikan bila mau membangun rumah burung.

Pada saat pengetesan suara chek lokasi ternyata burung yang datang sangat sedikit. Sepertinya populasi rumah burung di Pontianak sudah memasuki tahab jenuh. Dan bukan pekerjaan yang gampang kalau mau mendirikan rumah burung yang baru agar bisa sukses.

Pada hari ke 2 , sahabat saya mengajak saya ke Singkawang ke salah satu daerah yang juga merupakan salah 1 central walet. sebelum berangkat kita mengisi perut terlebih dahulu dengan makan khas Bakmi kepiting Pontianak.


ini foto sahabat saya Edy salim yang sedang makan Bakmi kepiting , bakmi tersebut di lahap dengan cepat. mungkin pagi ini dia sangat kelaparan


Kota singkawang ternyata kota yang sangat indah dan tertata rapi serta bersih. kota ini di kelilingi oleh bukit.





ini adalah foto yang saya ambil di pinggir jalan. selama perjalanan saya mengelilingi indonesia baru pertama kali saya terpana melihat kota kecil ini. saya tidak pernah menemukan selama perjalanan saya di indonesia ada kota kecil seapik dan seindah kota ini.

Mayoritas penduduk kota singkawang adalah suku Tionghoa bahasa yang dipakai adalah bahasa khek ( salah satu dialek Cina). dan kota singkawang juga disebut kota 1000 Klenteng ( Kuil) pada umunya agama yang dianut para penduduk keturunan tionghoa itu agama Khong Hu Tju. Agama khong Hu Tju adalah agama minoritas yg pada jaman dulu tidak di akui oleh pemerintah. Akan tetatpi melalui perjuangan panjang dan dibawah perlindungan dan dukungan penuh dari Alm. Gus Dur ( My Hero) akhirnya agama tersebut di akui oleh pemerintah.

Patung Naga ini tepat berada di tengah kota dan membuat kota ini semakin exotick dan indah. Kebudayaan china tumbuh subur dan di lindungi serta di dukung oleh pemerintah daerah yang dimana pada tahun in pemerintah daerah mencanangkan Visit Kalbar.

wisata kuliner di singkawang sangat enak..banyak makanan yg umum ada di jakarta tapi di olah menjadi ciri khas singkawang. dan makan makanan disana termasuk murah meriah. dan masakan di hidangkan dengan sangat cepat tidak sam dengan di daerah lain yg makan waktu cukup lama. dan setiap memasak porsi dibikin itu satu persatu tidak seperti di jakarta yang kalau memasak selalu gabrukan rame rame sehinga citra rasa juga jadi hilang.


ini masakan kwetiau khas singkawang. so yumik



Populasi rumah burung walet di daerah singkawang ternyata sangat bombastis. ada 1000 rumah burung. dan centralnya ada di tengah kota.
ada 1 rumah burung di tengah kota tersebut sangat tersohor dan merupakan rumah burung pioner, yang konon kala panenanya mencapai 100 kg/panen .

No comments:

Post a Comment