Wednesday, June 24, 2009

Aroma / Parfum Walet

Sering kita mendengar ataupun membaca di iklan trubus atau blog yang membicarakan aroma/parfum walet. sebenarnya apa ke gunaan dari aroma tersebut dan benarkah bisa di gunakan sebagai alat pemancing walet ??

sebelum kita menjawab atau membicarakan soal aroma , kita perlu mengetahui dulu ada berapa bau aroma tersebut.

  1. Aroma kotoran burung walet ( tahi walet)

  2. Aroma amis sarang burung ( Hancuran sarang yg di brender dan direndam dengan air selama 2/4 minggu yg kemudian akan menimbulkan bau bacin)

seiring perkembangan kemajuan ilmu walet, aroma tersebut bisa dibikin dengan berbagai cara. seperti kotoran walet itu bisa di gantikan dengan bau amoniak. dan bau amis sarang bisa menggunakan telur putih bebek atau daging yg tertinggak di ujung bulu walet yg kemudian di fertilisaikan.


Biasanya buat peternak baru (Newbie) mereka sering di cekokin dengan bumbu koyo atau ditakutin dengan mitos atau tahayul yg tidak ada penjelasannya. misalnya bau aroma ini bisa membuat burung menempel dan tidak mau pergi dengan memberikan bukti gambar di blog mereka tapi apakah itu benar ? ternyata setelah dibeli dan di pakai sesuai petunjuk, hasil yang di dapatkan tidak sesuai dengan yg di gembar gemborkan padahal aroma tsb di jual dengan harga mahal. dan ada lagi mengenai soal aroma lain seperti parfum manusia , bau rokok ,bau bawang putih dll , jangan sampai bau tersebut masuk dan mencemari bau yg ada didalam RBW karena itu bisa membikin burung takut dan bisa kabur akan tetapi bau busuk makanan serangga yg ada di dalam RBW yg notabene lebih busuk 10 x lipat dari Parfum Chanel 5 ,Calvin klein maupun bau ketiak manusia tidak membikin burung takut. kenapa hal itu bisa terjadi ? maukah mereka memberi penjelasan ?? saya rasa mereka tidak akan menceritakan. hal ini bisa terjadi karena mereka sendiri juga tidak tau dan hanya mendengar cerita dongeng dari para senior tanpa mau menggunakan logika atau juga mereka takut barang dagangan mereka tidak laku.


Saya pernah berdebat dengan Pak Jodi dari sulawesi mengenai aroma , benerkah walet punya penciuman yg tajam ? dan benerkah walet menyukai bebauan ? waktu itu sy berpendapat walet tidak mempunyai penciuman yg tajam seperti anjing dan mereka tidak mempunyai perasaan suka atau tidak akan tetapi lebih cenderung kenaluri mereka karena bila ada bebauan yg sama seperti tempat asal mereka maka mereka akan merasa comfortable.

kenapa saya berpendapat demikian karena sebagai makluk hidup seperti saya ,pasti punya insting survival buat hidup. sebagai contoh : kalau saya tersesat di dalam hutan dan pada saat dihutan sy menemukan beberapa rumah dan salah satu dari rumah tsb ada tertulis Rumah Mayat atau ada bebauan yg baunya seperti bau bangke dan rumah yg ke 2 terlihat sepi dan gelap sedangkan untuk rumah yg ke 3 ada terdengar suara anak kecil yg sedang bermain dan dari rumah tsb tercium bau bedak bayi/makanan maka secara insting saya pasti akan memilih rumah ke 3 di bandingkan yg lain seperti itu jugalah burung walet walaupun mereka tidak mempunyai akal budi akan tetapi bila pada area rooving room dan nesting room ada bebauan seperti kotoran burung maka mereka akan lebih suka bukan dalam arti mereka menyukai dan sangat menikmati bebauan tersebut akan tetapi lebih cenderung kearah keselamatan dan rasa aman , karena dengan adanya bebauan yg sama dengan habitat mereka maka mereka akan berasa aman karena ada kehidupan sesama burung apalagi ditambah dengan suara.
Jadi inti dari aroma adalah memberikan rasa aman dan Feel at home kepada burung tsb dan burung tidak punya perasaan suka apa tidak suka karena mereka bukan manusia yg punya citra rasa.

sering diantara kita suka bertanya dalam hati dari 2 aroma tsb diatas, kapan dan dimana kita harus meletakin/memoles ke 2 bebauan tsb dan kenapa harus begitu.

disini saya akan memberikan sedikit penjelasan kapan , dimana dan kenapa ?

Aroma umumnya hanya di pakai buat RBW baru atau RBW yg masih sedikit burung dan pada musim kawin.

Aroma kotoran burung

itu di ambil dari kotoran burung yg masih fresh dan dicampur dengan air yg kemudian di endapin sampai 1 minggu. setelah baunya sudah cukup menyengat, aroma tsb disiramkan ke seluruh dinding Rooving room akan tetapi aroma kotoran tsb tidak bisa bertahan lebih dari 10 hari maka aroma tsb harus di bantu dengan amoniak. letakin amoniak secukupnya diatas piring kecil yg di tatakin dengan kaleng/kayu agar tidak menyentuh tanah hal ini untuk menghindari kena air. karena bila amoniak terkena air baunya akan sangat menyengat dan bisa menakutin burung. dan untuk daerah nestink room saya secara pribadi tidak menyukai kotoran burung karena tidak bagus buat kesehatan karena banyak mengandung toxo maka saya lebih suka meletakin amoniak di berbagai titik yg dimana bau tsb bisa samar samar tercium ( ingat jangan terlampau keras baunya)


Fungsi aroma kotoran ini seperti yg saya cerita diatas adalah membuat burung merasa ada kehidupan di dalam rbw tsb dan mengurangi rasa takut dia terhadap predator. karena secara teory insting buat makluk yg suka hidup berkoloni, dimana ada makluk sejenis hidup maka tempat tersebut akan memberikan rasa aman terhadap makluk itu.


Aroma sarang walet

Aroma ini biasa dibikin dari air cucian sarang dan ampas dari sarang walet dari daerah pencucian sarang. untuk ampas yg banyak mengandung bulu itu harga per KG nya sekitar Rp.150.000 s/d Rp.300.000 sedangkan untuk ampas yg sedikit mengandung bulu harganya berkisar Rp.400.000 s/d Rp.750.000

cara membuatnya.

*Siapkan drigen atau drum dan isi air cucian sarang /air putih sebabyak 5 liter

*siapkan ampas sarang 200 gram dan campurkan air secukupnya kemudian di brender sampai halus. hasil sarang brender tsb kemudian dituangkan ke drigen atau drum yg telah kita siapkan. endapkan campuran tsb selama 2 s/d 4 minggu sampai tercium bau bacin yg sangat menyengat ( ada sebagian orang yg mencampurkan ampas sarang dengan rumput laut ). dan ada yg langsung memakainya tanpa merendam dengan lama. ( bau sarang walet ini umumnya gak bertahan lama antara 1 s/d 3hari)

cara memakainya

dari pengalaman saya cairan ini efective dipakai saat musim kawin yg dimana para walet akan berusaha mencari tempat yg terbaik yg sudah pernah di huni walet lain dan secara insting bila tempat tersebut sudah pernah di tempati maka daerah tersebut akan di anggap aman buat mereka.dan untuk itu  cairan hancuran sarang sebagusnya disemprotkan atau di oleskan di belakang atau disamping didaerah sirip yg kosong yg dimana tempat tersebut dekat dengan sirip yang sudah ada populasinya & burung banyak membikin sarang dan pemakainini jangan terlampau banyak karena akan membikin sirip menjadi jamuran.

pada daerah padat atau daerah sudah  ada koloni maka akan terjadi perebutan tempat antara burung baru dengan lama antara yg muda dengan yang tua dan untuk burung yg tersingkir atau kalah cepat maka dengan adanya bau tersebut akan memacu  burung tsb berpindah  mengunakan tempat yg sudah ada bau sarang , karena mereka  merasa aman atau terpacu rasa egonya untuk menempati daerah tsb.

Aroma Fertilisasi Bulu Walet

Aroma ini diambil dari minyak yang terdapat di bulu walet dengan cara fertilisasi, dimana minyak tersebut akan di keluarkan atau di pisahkan dari bulu. pengerjaan pemisahan minya dari bulu ini sangat komplex dan rumit dan ini  bisanya yg hanya bisa di kerjakan oleh para ahli kimia . dan aroma ini pertama di temukan oleh seorang sahabat saya Bapak Predy. bau tersebut menurut beliau sangat efective buat memikat walet untuk tinggal. dan dalam waktu dekat ini dia akan meberikan saya berapa kaleng untuk dicoba frespon burung pada musim kemarau dan di musim hujan/kawin

dan hasil percobaan akan saya tuliskan disini

8 comments:

  1. saya tertarik dan sepaham atas penjelasan sdr, kalau boleh tau gimana saya bisa enghubungi anda buat tukar pikiran apakah boleh ?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak telah membaca Blog saya. uluran tangan persahabatan dari bapak sangat saya hargai dan untuk bertukar pikiran bapak bisa setiap saat menghubungi saya via emai lucius.gobardja@gmail.com

    ReplyDelete
  3. bos.saya mau download suara walet gratis dmana yah>>>

    ReplyDelete
  4. Saya pernah mencoba cairan perangsang pada rumah walet baru saya, tetapi sepertinya tidak seindah iklannya. Tulisan dan penjelasan sdr cukup logis, saya hendak berkonsultasi lebih lanjut dengan sdr ,terimakasih

    ReplyDelete
  5. saya sangat salut terhadap ide-ide bpak,,..
    thanks...,,
    mau tnya,,.apakah walet yg sudah bnyk bersarang tidak akn prgi lgi,,..soalnya walet sudah 3 blan lbh menetap,,.???..,^_^
    dan disamping rumah saya sedang buat rumah walet,,..walet suka berkeliling dirmh smpng sya saat sore,,..dan saat mlam semua pda masuk di atas rmh sya,,..apakah tidak akn menghambat???..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Parfum Ori
    Parfum aroma keras.

    ----------

    ReplyDelete
  7. Salam kenal dari Sumatera, Pak Lucius. Pak, bulan apa musim kawin walet? Trus kalo parfum dari tahi walet cuma bertahan 3 hari, harus sering disemprot dong dinding rbwnya? Dan kalo dibantu amoniak, kenapa ngga pakai amoniak saja terus2xan, jadi tidak usah sering masuk rbw utk semprot dinding lagi pakai air tahi walet krn kalau sering masuk rbw, walet kan bisa stress alias terganggu? Trus mengenai aroma air sarang walet, jg sama dgn diatas, kalo cuma bertahan 3 hari artinya harus sering2x masuk rbw utk semprot? Trus apa bapak mau bilang produk2x yang ditawarin diluar itu tidak efektif, kita buat saja sendiri aroma itu dari tahi dan sarang walet pecahan? Mohon pencerahannya, pak.

    ReplyDelete
  8. makasih infonya pak sangat bermanfaat

    ReplyDelete